Editorial Policies

Focus and Scope

Substantia  adalah  jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Ruang lingkup jurnal adalah hasil penelitian dan gagasan konseptual dalam studi ilmu-ilmu ushuluddin (Aqidah, Filsafat, Pemikiran Islam, Tafsir Hadis, Perbandingan Agama, Sosiologi Agama dan Tasawuf). Kehadiran jurnal ini adalah untuk merespon dan mengkoumunikasikan perkembangan isu-isu aktual akademis terkait ilmu-ilmu ushuluddin.   Kontribusi para sarjana baik dari dalam dan luar  dalam mengirimkan naskah artikel akan disambut hangat dengan  penghargaan yang tinggi

Jurnal ini dalam setahun terbit 2 nomor yaitu April dan Desember. Penerbitan jurnal ini dilakukan oleh Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Pada dasarnya artikel dapat dimuat pada Jurnal Ar-Raniry adalah artikel yang dapat memberi kemajuan dalam pemahaman dalam studi Islam dan dapat mewarnai dalam bidang tertentu. Dengan ketentuan umum tersebut, maka jurnal Ar-Raniry menerima artikel untuk dimuat dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Artikel memiliki ulasan dan bukti yang kuat untuk mendukung kesimpulan
  2. Artikel memberi kontribusi penting bagi para ilmuwan dalam bidang tertentu
  3. Menarik para peneliti dalam ilmu terkait

 

Open Access Policy

Substantia menyediakan akses terbuka langsung ke konten berdasarkan prinsip kebebasan melakukan penelitian yang dapat mermendukung pekembangan pengetahuan secara global.

 

Publication Ethics and Malpractice Statement

Standar perilaku etis berkaitan dengan kualitas dan publikasi artikel pada Substantia sangat diperhatikan. Untuk itu pihak-pihak yang terkait dengan penerbitan jurnal ini, penulis, editor, reviewer dan penerbit harus memperhatikan etika tersebut.

Penulis

Penulis harus menyajikan naskah asli kaya mereka sendiri dengan jujur tanpa pemalsuan, , karena plagiasi tidak pernah dapat diterima dan tidak etis dalam dunia akademis. Naskah artikel juga belum pernah diterbitkan dalam bentuk apapun. Bila naskah telah dikirim ke jurnal Substantia maka penulis tidak mengirimkan naskah artikel ke jurnal manapun sampai jurnal Substantia memberikan jawaban tentang kelayakan naskah artikel.

Penulis diharuskan menjelaskan metode mereka dengan jelas sehingga gagasan temuannya dapat dikonfirmasi orang pembaca. Pengutipan karya orang lain mestilah dengan mencantumkan sumber kutipan secara akurat.  Penulis bertanggung jawab terhadap data yang disajikan dalam artikel dan siap diminta untuk menyajikannya dalam waktu yang wajar setelah publikasi.

Bila penulis menemukan kesalahan dan kekeliruan yang cukup signiikan dalam pekerjaannya menulis artikel, maka penulis berkewajiban memberitahukan kepada editor jurnal untuk membantu memperbaiki atau menarik kembali, atau memberikan bukti kepada editor berkenaan dengan artikel tersebut.

Editor

Editor bersifat terbuka menerima naskah artikel. Editor bertanggung jawab untuk mengevaluasi nasakah secara objektif, terlepas dari keyakinan, jenis kelamin, ras, kenegaraan dan pandangan politik. Editor bertanggung  jawab dalam memutuskan mana artikel yang dapat diterbitkan. Dalam membuat keputusan tersebut, edior dapat dipandu oleh pengulas dan ketentuan yang berlaku pada jurnal. Editor harus membuat keputusan yang adil dan tidak bias independen dari pertimbangan komersial , dan memastikan proses peer- review adil dan tepat .

Editor tidak bertanggung jawab terhadap informasi yang dimuat dalam artikel. Tetapi tanggung jawab dibebankan kepada penulis.  Bila naskah belum layak diterbitkan, editor harus menjaga kerahasiaan naskah dan tidak boleh digunakan oleh orang lain tanpa persetujuan penulis.

Reviewer

Peer reviewer membantu editor dalam membuat keputasan editorial dan membantu penulis untuk meningkatkan kualitas naskah artikel dengan membuat catatan-catatan penting bagi artikel. Setiap naskah yang direview harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah artikel yang direview tidak boleh didiskusikan dengan orang lain kecuali bila ada izin dari editor. Reviewer melakukan ulasan secara objektif. Kritik pribadi harus dihindarkan. Catatan dari revewer harus diekspresikan dengan jelas disertai argumen yang mendukung.

Penerbit

Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry  sebagai penerbit jurnal mendorong editor untuk mengikuti pedoman publikasi yang dikaluarkan oleh Komite Etika Publikasi. Penerbit bersama editor bertanggung  jawab menjaga kualitas jurnal sesuai dengan kebijakan manajemen jurnal. Penerbit harus memastikan bahwa keputusan editorial untuk mempublikasikan atau menolak sebuah artikel yang didasarkan pada rekomendasi pengulas dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan komersial.